17 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh yang perlu kita ketahui

Riaricis1795 - Halo Teman-teman semua, Pada kesempatan Kali ini saya akan mengulas tentang 17 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh yang perlu kalian ketahui.  Madu merupakan berupa cairan yang menyerupai sirup, Tetapi madu memiliki tekstur yang lebih kental dan berasa sangat manis. Madu dihasilkan oleh serangga dan lebah yang berasal dari nektar bunga, Rasa yang manis yang dimiliki madu disebabkan oleh beberapa unsus monosakarida fruktosa dan glukosa.

17 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh yang perlu kita ketahui

Cairan madu sudah sangat dikenal dari dahulu kala sebagi ramuan atau obat untuk menyembuhan dan pencegahan beberapa penyakit, Seperti sariawan, Mneghilangkan jerawat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari madu.

Berikut Rangkuman dari 12 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kalian Ketahui :

1. Menyembuhkan / Menghilangkan jerawat.

Anda tentu tidak terlalu kesal ketika ada banyak tombol di depan kita? Yah ... Jerawat disebabkan oleh infeksi bakteri di pori-pori yang menyebabkan peradangan dan benjolan merah di wajah. Jadi untuk masalah kulit yang unik ini, kita sering teriritasi karena membuat kulit wajah kasar dan kadang menghilangkan bekas yang sulit dihilangkan.

Bakteri P. acne menyebabkan jerawat sekaligus mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Anda hanya membuat madu di atas tombol selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat, lakukan perawatan ini setiap hari dan hasilnya akan memuaskan.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada tahun 1999, Abuharfeil dan rekan-rekannya melakukan penelitian dan menunjukkan bahwa madu dapat merangsang pembentukan sel-sel kekebalan seperti sel pembunuh alami, limfosit B dan T yang bertindak untuk melawan serangan berbagai penyakit.

Jangan salah, madu juga bisa merangsang produksi antibodi yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tubuh. Pada tahun 2004, Al-Waili dan Haq melakukan penelitian dan itu membuktikan bahwa konsumsi madu setiap hari dapat meningkatkan mempercepat masa penyembuhan penyakit.

3. Meredakan / Menyembuhkan Batuk

Batuk adalah masalah pernapasan yang dapat menyerang semua orang, anak-anak maupun orang dewasa, dan bisa sangat memalukan bagi pasien. Madu mengandung senyawa antibakteri dan antivirus aktif yang dapat meredakan berbagai jenis batuk.

Jika batuk, konsumsilah satu atau dua sendok makan madu sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Itu akan membuat Anda lebih baik dan mempercepat masa penyembuhan penyakit Anda.

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi banyak orang saat ini dan umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, terutama pada diabetes tipe 2. Penderita diabetes kehilangan kemampuan untuk mengatur gula darah insulin, hormon yang tidak berfungsi secara normal. Makan terlalu banyak makanan manis dan gula dapat menyebabkan diabetes.

Madu mengandung senyawa gula alami yang lebih aman dikonsumsi daripada gula atau sukrosa. Memang, indeks glikemik madu lebih rendah daripada jenis gula lainnya.

5. Memperlancar Fungsi Saluran Pencernaan

Apakah anda tahu Ada bakteri baik atau  normal flora dalam sistem pencernaan manusia yang memfasilitasi pencernaan makanan seperti bakteri yang hidup di usus besar.

Tidak hanya kaya akan nutrisi, tetapi juga mengandung normal flora atau bakteri baik seperti bifidobakteria dan lactobacilli, yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di saluran pencernaan dan mendukung proses pencernaan di usus besar kita

6. Sebagai Obat Penyembuh Luka.

Salah satu manfaat madu yang lain adalah untuk menyembuhkan luka. Oleskan madu pada luka dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan bekas luka. Madu mengandung antiseptik, yaitu enzim glukosa oksidase yang dapat mencegah infeksi bakteri pada kulit yang terluka.

7.Untuk Menyegarkan Nafas

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa kebiasaan berkumur setiap pagi dengan air hangat yang dicampur dengan madu dapat membantu menghilangkan bau mulut dan menyegarkan mulut. Karena senyawa anti bakteri dalam madu dapat membasmi semua bakteri di rongga mulut yang menyebabkan bau mulut.

8. Untuk Menurunkan Kadar Kolestrol

Kolesterol jahat adalah musuh jantung pada manusia dan pembuluh darah. Kolesterol jahat, atau low-density lipoprotein (LDL), dapat menyumbat arteri dan meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Sangat menakutkan bukan? Karena itu, konsumsilah madu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

9. Mencegah Resiko Penyakit Jantung.

Pernahkah Anda melihat seorang remaja atau seseorang yang masih muda tetapi meninggal karena penyakit jantung? Saat ini, orang muda memiliki penyakit jantung rata-rata dan mengakhiri kematian mereka karena mereka belum pernah dirawat. Menurut data yang tersedia di Organisasi Kesehatan Dunia, jumlah orang yang menderita penyakit jantung masih meningkat setiap tahun dan penyakit ini adalah penyebab utama dari beberapa tingkat kematian tertinggi di dunia.

Antioksidan yang ditemukan dalam madu dapat menetralkan efek radikal bebas yang dapat merusak sel-sel jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

10. Meningkatkan Daya Stamina Tubuh.

Dari sejak zaman era yunani kuno sudah mengosumsi madu. Atlet yang diberi protein dan madu dilaporkan memiliki tingkat energi dan stamina yang lebih baik daripada mereka yang hanya mengonsumsi protein biasa. Karena itu, jika Anda ingin memiliki lebih banyak stamina dan energi, konsumsilah satu sendok madu secara teratur di pagi hari. Dan lakukan setiap hari.

11. Sebagai Obat Untuk Arthritis

Penderita artritis akan merasakan nyeri pada peradangan sendi. Penelitian menunjukkan bahwa efek dari obat penghilang rasa sakit pada madu sama dengan analgesik seperti aspirin. Senyawa antiinflamasi yang ditemukan dalam madu dapat mencegah radang sendi dan mengobati rasa sakit yang dihasilkan.

12. Melembabkan Bibir dan Kulit yang kering.

Madu mengandung nutrisi yang dapat melembabkan dan melembutkan kulit. Jadi tunggu apa lagi? Jika Anda ingin menghaluskan kulit, terutama wanita, konsumsilah madu dan oleskan pada kulit saat Anda ingin memakainya. Anda dapat mencampurkan madu dengan sabun atau masker tubuh yang biasa Anda gunakan sebelum mandi. Anda bisa melakukannya sebelum tidur.

13. Sebagai Penguat Akar Rambut.

Rambut sering rontok dan mudah dicabut ? Selama Anda tahu bahwa rambut Anda juga membutuhkan nutrisi untuk tetap kuat dan sehat. Madu kaya akan nutrisi seperti protein dan vitamin yang dapat menyehatkan akar rambut dan mencegahnya mudah rontok.

Masker madu yang dicampur dengan gel lidah buaya dapat diaplikasikan pada rambut untuk membuatnya lembut dan terhidrasi, terutama jika rambut mudah patah dan kasar, terutama jika mudah rontok, itu pasti sangat mengganggu .

14. Membantu Untuk Menurunkan Berat Badan

Kabar baik bagi wanita yang ingin diet cepat dan alami. Madu dapat digunakan untuk membantu program penurunan berat badan agar tubuh kita tetap terjaga kurus dan tidak gemuk. Dan selama Anda mengetahuinya, lebih baik makan madu, baik itu gula atau jenis gula apa pun, sehingga jumlah kalori per makanan tetap terkendali dan gula darah Anda tidak meningkat dengan cepat atau cara yang spektakuler.

15. Baik Untuk Meningkatkan Selera Makan.

Apakah Anda pernah kehilangan nafsu makan? Terkadang kita kehilangan nafsu makan karena stres atau faktor lain, yang dapat mengganggu sistem kerja tubuh. Madu dapat dikonsumsi untuk mengatasi masalah ini karena dapat merangsang produksi hormon ghrelin atau hormon penambah nafsu makan.

16. Baik Untuk Meredakan Demam.

Pernahkah Anda demam? Demam tinggi adalah indikasi bahwa tubuh memiliki kelainan atau gejala penyakit tertentu. Jadi, jangan remehkan penyakit biasa yang akan berdampak negatif jika kita tidak mengobatinya dengan cepat.

Madu mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan sekaligus meningkatkan respons kekebalan dalam tubuh. Minumlah satu atau dua sendok makan madu dengan air hangat untuk mengurangi demam tinggi Anda, terutama pada anak kecil.

17. Baik Untuk Pencegahan Kanker dan Tumor.

Madu mengandung  zat senyawa antimutagenik yang dapat mencegah zat berbahaya memasuki jaringan dan menyebabkan mutasi sel.

Apakah Anda tahu apa itu apoptosis? Apoptosis adalah mekanisme bunuh diri yang dilakukan oleh sel bermutasi sehingga sel-sel ini tidak berkembang menjadi kanker sedangkan metastasis adalah proses penyebaran sel kanker dari satu organ ke organ lain melalui aliran darah.

Baiklah Teman-teman semua, Itulah yang dapat saya jelaskan tentang 17 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kita Ketahui, Semoga artikel yang saya bagikan ini berguna dan bermanfaat buat kalian semua. Terima Kasih.

17 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh yang perlu kita ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger Indonesia

0 komentar:

Post a Comment